Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meminimalisir Noise Dan Hum Audio Hasil Rekaman

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
http://www.mawarnada.com
Agar lebih fokus dalam mendengarkan setiap perubahan audio yang kita edit disarankan menggunakan headphone/handfree atau menggunakan speaker eksternal yang bisa membedakan setiap perubahannya.


Menarik juga 

- Silahkan buka Adobe Audition

- Masukan Audio yang akan diperbaiki dengan cara klik FILE > OPEN > klik dua kali file yang akan diperbaiki atau klik satu kali kemudian OPEN.

- Blok dahulu audio yang akan diperbaiki dengan cara klik dan drag dari awal sampai akhir audio atau klik dua kali, sehingga terlihat agak buram/samar.

- Untuk yang praktis silahkan klik EFFECT > NOISE REDUCTION/RESTORATION > HISS REDUCTION PROCESS.

Silakan pilih presets (1) kemudian klik preview (2) untuk mendengarkan perubahan dan klik stop (3) bila akan mengganti presets atau mendengarkan perbedaan suara asli dengan suara hasil perbaikan.

Atau silahkan anda kreasikan sendiri semua yang berhubungan dengan noise di NOISE REDUCTION/RESTORATION. Dengan catatan file hasil perbaikan disimpan dengan cara Save AS atau membuat folder baru hasil perbaikan agar file asli tidak tertimpa dan anda bisa membuat beberapa sample uji coba.

Perbaikan HUM (ngagerung: sunda)
-  Blok dahulu audio yang akan diperbaiki dengan cara klik dan drag dari awal sampi akhir audio atau klik dua kali, sehingga terlihat agak buram/samar.
-Klik EFFECT > OISE REDUCTION/RESTORATION > DEHUMME

Tentukan presets di 50 Hz AND HARMONICS (1), Number Of Harmonics (2) di angka 1 s/d 3, klik preview (3) untuk mendengarkan perubahan dan klik stop (4) bila ingin mencoba presets lain atau ingin mendengarkan perbedaan suara asli dengan suara hasil perbaikan.

Akan lebih jelas dengan menyimak video tutorialnya di bawah ini:

1. Menghilangkan Dengung (Hum)

Menghilangkan dengung audio

2. Menghilangkan Noise Audio (Hiss) Bag. 1

Memperbaiki noise audio

2. Menghilangkan Noise Audio (Hiss) Bag. 2

Menghilangkan noise audio

Tidak ada yang sempurna hanya suatu usaha semoga bermanfaat untuk yang membutuhkan. Wassalamu’alaikum Warohmatulohi Wabarokatuh.