Lazada
Home » » Menghilangkan Noise Dan Hum Audio Hasil Rekaman Dengan Adobe Audition

Menghilangkan Noise Dan Hum Audio Hasil Rekaman Dengan Adobe Audition

Written By Deni Koswara on Monday, November 5, 2012 | 10:52 PM

Assalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
http://www.mawarnada.comKarena sudah banyak yang membahas secara teoritis tentang masalah ini maka disini anda diajak untuk langsung praktek memperbaikinya dengan salah satu software audio terkenal Adobe Audition.

Namun untuk lebih fokus dalam perbaikan alangkah baiknya mempergunakan Headphone,kecuali anda mempergunakan system speaker audio yang baik atau telinga super tajam.

-Silahkan buka Adobe Audition
-Masukan Audio yang akan diperbaiki dengan cara klik FILE > OPEN > klik dua kali file yang akan diperbaiki atau klik satu kali kemudian OPEN.
http://www.mawarnada.com

Perbaikan Noise (ngeresek,ngajeos:sunda)
-  Blok dahulu audio yang akan diperbaiki dengan cara klik dan drag dari awal sampai akhir audio atau klik dua kali,sehingga terlihat agak buram/samar.
-  Untuk yang praktis silahkan klik EFFECT > NOISE REDUCTION/RESTORATION > HISS REDUCTION PROCESS.
Silahkan pilih presets (1),kemudian klik preview (2) untuk mendengarkan perubahan dan klik stop (3) bila akan mengganti presets atau mendengarkan perbedaan suara asli dengan suara hasil perbaikan.
http://www.mawarnada.com

Atau silahkan anda kreasikan sendiri semua yang berhubungan dengan noise di NOISE REDUCTION/RESTORATION,dengan catatan file hasil perbaikan disimpan dengan cara Save AS atau membuat folder baru hasil perbaikan agar file asli tidak tertimpa dan anda bisa membuat beberapa sample uji coba.

Perbaikan HUM (ngagerung:sunda)
-  Blok dahulu audio yang akan diperbaiki dengan cara klik dan drag dari awal sampi akhir audio atau klik dua kali,sehingga terlihat agak buram/samar.
-   Klik EFFECT > OISE REDUCTION/RESTORATION > DEHUMMER
http://www.mawarnada.com
Tentukan presets di 50 Hz AND HARMONICS (1),Number Of Harmonics (2) di angka 1 s/d 3,klik preview (3) untuk mendengarkan perubahan dan klik stop (4) bila ingin mencoba presets lain atau ingin mendengarkan perbedaan suara asli dengan suara hasil perbaikan.

Bila semua keluaran audio dirasa cukup pas dan puas silahkan anda simpan,dan apabila anda memiliki beberapa file audio,atau pasti memiliki segudang lagu kesayangan alangkah baiknya bila semua keluaran audionya/volume (db) diratakan atau disamakan sehingga keluaran/ke-kerasan volumenya antara lagu yang satu dengan yang lainnya akan relative sama,untuk itu silahkan anda mampir di Cara Mudah Meratakan Output Audio Dan MP3 sehingga lebih nyaman ditelinga.

Demikian semoga bermanfaat,mohon maaf atas segala kekurangan dan penulis bukanlah seorang ahli dalam bidang audio namun selau ingin mencoba dan belajar dari kesalahan.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.

Artikel Menarik Lainnya:

2 komentar:

  1. Waw Keren Postingannya...!!! Aku Suka...!!! Kunjungi Punya Saya Juga Ya...!! di http://dat-s.blogspot.com/2013/02/cara-menghilangan-noise-pada-hasil.html.
    Sekalian Mohon Bantuan..!! https://soundcloud.com/datros-sumendong/cuma-kamu-dats

    ReplyDelete

Mari Jalin Silaturahim & Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.
- Mohon dengan hormat untuk tidak melakukan komentar spam dan Iklan
- Pergunakan bahasa yang baik dan bukan singkatan
- Komentar dengan link aktiv terpaksa saya hapus
- Blogger sejati selalu mencantumkan sumber asli tidak asal KOPAS