Lazada
Home » » Cara Pasti Stabilkan Koneksi Internet

Cara Pasti Stabilkan Koneksi Internet

Written By Deni Koswara on Monday, May 21, 2012 | 7:03 PM

Assalamualaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
Masih seputar dunia Internet yang sudah banyak dibahas oleh pakar IT,dengan beragam Tips N Triks,seperti bagaimana cara mempercepat koneksi internet,mempercepat download dan lain sebagainya pada kesempatan ini saya akan share sebuah triks sederhana namun pasti,bagaimana caranya supaya koneksi internet kita tetap stabil,tidak terputus dengan server dalam arti kata triks ini bukan mempercepat/meningkatkan koneksi internet meskipun dalam aplikasinya kadang-kadang speed download bisa meningkat meskipun sesaat/peak saja,dan kalau anda ingin optimalkan Internet Download Manager (IDM) silakan baca DISINI.


Inilah triks sederhananya:

Pada dasarnya kita hanya akan melakukan PING saja.

Definisi dari PING
Ping singkatan dari Packet Internet Groper,adalah sebuah program utilitas yang digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).


Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya.Hal ini dilakukan dengan cara mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respons darinya.


Nama "ping" datang dari sonar sebuah kapal selam yang sedang aktif,yang sering mengeluarkan bunyi ping ketika menemukan sebuah objek.



Langsung ke praktek yaa..
1.Apabila anda sedang downloads mempergunakan Internet Downloads Manager (IDM),pasti sering terlihat alamat TCP/IP seperti gambar di bawah:
http://www.mawarnada.com
 

2.Tugas anda hanya memasukan kode alamat tadi ke Command Promt,seperti ini:klik gambar bendera di keyboard+R>CMD atau klik kiri bendera/start dipojok kiri bawah monitor>All Program>Accecories>Command Promp.lihat gambar:
http://www.mawarnada.com 


3.Isikan alamat TCP/IP seperti pada point 2>ENTER, seperti gambar di bawah:
http://www.mawarnada.com 


4.Maka setelah melakukan langkah diatas Command Promp akan seperti gambar dibawah:
http://www.mawarnada.com
Terlihat disana ada Request Time Out berarti koneksi Idle atau terputus.


 

5.Inilah hasil setelah dilakukan PING tadi,yang kadang-kadang kecepatan bisa melonjak/peak yang biasanya dengan operator yang saya pakai kecepatan 40Kbps-50Kbps,meskipun seperti kita ketahui kecepatan internet bisa dipengaruhi waktu,cuaca dan alamat situs yang kita kunjungi,dan untuk keluar dari Command Prompt tekan keyboard Ctrl+C.
http://www.mawarnada.com

Cara diatas bisa dilakukan juga pada alamat situsnya sendiri misalkan:ping www.google.co.id –t, atau pada alamat tempat file yang anda download,atau munkin saja anda ingin melalui alamat TCP/IP nya silakan isikan di Command Promp seperti ini:ipconfig/all,silahkan anda lihat alamatnya.
Insyaallah semua bahasan ini adalah sesuatu hal yang sering dilakukan sendiri oleh saya,mudah-mudahan bermanfaat dan mohon koreksi,masukan dan saran bila ada hal yang kurang.

Terimakasih.
Wassalamualaikum Warrohmatulaoh Wabarokatuh.

Artikel Menarik Lainnya:

0 komentar:

Post a Comment

Mari Jalin Silaturahim & Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami.
- Mohon dengan hormat untuk tidak melakukan komentar spam dan Iklan
- Pergunakan bahasa yang baik dan bukan singkatan
- Komentar dengan link aktiv terpaksa saya hapus
- Blogger sejati selalu mencantumkan sumber asli tidak asal KOPAS