Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengamankan Documents anda

Assalamualaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh
https://www.mawarnada.com
Tips ini sangat sederhana, akan tetapi tidak menjaga kemungkinan diantara kita ada yang belum tahu dan membutuhkan bagaimana untuk mengamankan Documents penting.

Sehingga tidak direpotkan untuk mencari atau memindahkannya ketika terjadi masalah pada komputer atau laptopnya.

Disini saya tidak membahas bagaimana mengamankan Dokuments penting dengan memindahkan/menggandakan ke media lain seperti Hardisk Eksternal, Flashdisk, Keping CD/DVD.

Tetapi hanya memindahkan folder penyimpanan default My Documents yang biasanya berada di partisi “C”/System ke Partisi lain, atau biasakan untuk menyimpan hasil pekerjaan di partisi lain selain di C/System.

Tujuannya hampir sama seperti artikel di bawah ini:
5 Cara Optimalkan Kinerja Internet Downloads Manager (IDM)

- Untuk jaga-jaga bila sewaktu-waktu komputer hang/crash, seperti  tidak bisa Booting/Start Up sehingga perlu di instal ulang. Meskipun ada cara lain untuk masuk windows dengan cara masuk Safe Mode, Mini Xp dll, akan tetapi bagaimana apabila hal tersebut juga tidak bisa atau kita sendiri belum menguasai caranya.
- Pada saat instal ulang kita tidak direpotkan memindahkan File/Folder ke tempat/media/partisi lain. Karena secara default Documents berada di Partisi System/Partisi “C”, yang nanti akan kita isntal ulang.

Lakukan langkah seperti di bawah ini :
1. Buka Ekplorer, misalkan anda mau menyimpan di partisi “D”.
Klik  “D” > Klik kanan di area kosong > New > Folder > Buatkan Folder baru My Documents (Windows Xp langsung klik kanan My Documents)
2. Klik Libraries> Documents>  Klik kanan My Documents> Propertis> Location> Move. Cari Folder My Documents di partisi “D” yang tadi baru anda buat > My Documents > Select Folder. Tunggu sampai Transfer File/Folder selesai dilakukan.
 
Kalau langkah di atas benar dilakukan maka setiap file yang kita simpan/save akan automatis berada di My Documents partisi “D”.
(Langkah di atas bisa juga untuk Folder Public Documents)
Demikian smoga bermanfaat, terima kasih.
Wassalamualaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh.